Pembuatan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 pada Tahun Ajaran Baru

Sebentar lagi sudah tahun ajaran baru, sudahkah bapak ibu guru khususnya smk membuat rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 ? Bagi siswa siswi SMP yang sudah lulus sekolah pasti masih bingung memilih sekolah SMA atau SMK,ada banyak Sekali perbedaan antara SMA dan SMK. Saya membahas tentang SMK saja ya karena saya bersekolah di SMK. Jika kamu memilih SMK tentunya sudah punya tujuan yang jelas,kamu bisa mempelajari jurusan yang kamu pilih lebih mendalam karena,setelah lulus SMK kamu biasanya sudah punya kemampuan cukup untuk bekerja di bidang keahlianmu. Pelajaran di SMK sangat berbeda di SMA,SMA lebih kearah materi daripada praktek sedangkan SMK sebaliknya lebih ke praktek daripada materi. SMK juga terdapat pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia,Matematika,Bahasa Inggris,dll.

Pembuatan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 pada Tahun Ajaran Baru

Hanya saja SMK terdapat pelajaran produktif sesuai bidang keahlian. Saya juga akan membahas tentang “Pengertian Kurikulum 2013 Revisi 2017” . Sebelum membahas lebih jauh, apakah kurikulum 2013 itu? Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Saat ini pemerintah telah mewajibkan penggunaan kurikulum 2013 revisi hampir semua sekolah di Indonesia. Terdapat dua alasan mengapa menerapkan kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,alasan edukasional dan alasan sosio-ekonomis.

Berdasarkan hasil tersebut,Kurtilas dikembangkan dan diterapkan dengan fokus menciptakan generasi yang mampu berpikir dan berkomunikasi yang luas,toleran dan bertanggung jawab. Sedangkan konteks sosio-ekonomis,penerapan kurikulum 2013 ditujukan untuk menyiapkan generasi masa depan yang produktif,kreatif,inovatif,dan efektif. Terdapat empat poin perubahan k13 revisi termasuk pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 yaitu :
1. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Pengintegrasian PPK dalam pembelajaraan sangat penting. Terdapat paling sedikit 5 karakter yang harus dimiliki oleh siswa antara lain adalah karakter religius,nasionalis,integritas,gotong royong,dan mandiri.
2. Literasi
Literasi yaitu membaca buku pelajaran maupun buku non pelajaran biasanya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai.
3. Creative,Critical Thinking,Communicative,dan Collaborative (4C)
Kemampuaan untuk dapat kreatif,berpikir kritis,berkomunikasi,serta berkolaborasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk bekal mengharapkan pendidikan yang lebih tinggi.
4. Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Pembelajaran harus memberikan pelatihan bukan hanya untuk kemampuan mendasar peserta didik dalam suatu mata pelajaran,tetapi juga kemampuan siswa yang dapat memberikan prestasi yang membanggakan.

Itulah beberapa poin penting yang wajib ditambahakan pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 demi kemajuan anak bangsa. Yuk semangat ya bapak ibu guru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Rpp Simulasi dan komunikasi Digital Memproduksi Video Animasi Dan Musik Digital

Segera Bergabung Franchise Paling Menguntungkan Talas Garlic

Menurut Agen Cleanoz Ada Beberapa Cara agar BBM Anda Hemat